Senin, 08 Oktober 2012

Algoritma


Algoritma
“Algoritma adalah beberapa langkah  yang dilakukan secara berurutan untuk memecahkan suatu permasalahan yang disusun secara sistematis dan logis”.
Algoritma itu harus bersifat logis dan sistematis yang berarti, langkah yang dilakukan mempunyai nilai benar atau salah serta ada tata urut yang tidak dapat saling mendahului. Karena suatu proses akan kacau apabila tiada kesinambungan langkah satu dengan yang lain.
Algoritma merupakan otak yang mendasari terciptanya suatu program. Program disini dapat diartikan program yang berada di komputer. Bukan hanya itu, Program bisa juga berarti suatu alat atau mesin yang merupakan hasil komputerisasi suatu program yang berwujud benda. Namun, tidak dapat disimpulkan bahwa algoritma harus mendasari suatu yang berbasis komputer. Karena algoritma pun banyak dan selalu kita temui dalam proses kegiatan kita sehari – hari.
Banyak contoh algoritma dalam kegiatan sehari-hari, semisal mememasak Mie Instan. Mie tidak akan menjadi mie yang dapat dikosumsi selayaknya apabila proses dalam pembuatanya tidak sesuai langkah yang logis, yakni menafikan memasaknya tanpa mengunakan air. Ini lah contoh proses yang salah, apabila ingin tersaji mie yang layak maka tata urut membuat mie pun harus dilakukan tidak menafikan salah satu langkahnya. Betapa urgennya algoritma dalam kehidupan kita sehingga kita tidak dapat meninggalkan nya.
Hubungan antara Algoritma, Program, dan Komputer adalah ide awal berasal dari programer yang dituangkan dalam algoritma (dasar pembentuk program) dibantu dengan bahasa pemograman yang menghasilkan suatu program, program pun tak berguna apabila tidak dijalankan maka komputer lah yang mengeksekusi suatu program. Secara umum, pihak  yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alatalat elektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau “mengeksekusi” algoritma yang menjabarkan proses tersebut. Melaksanakan Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritma tersebut. Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya. Karena itu suatu Algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses.
Jadi Processor harus :
1.    Mengerti setiap langkah dalam Algoritma
2.    Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut. Mekanisme Pelaksanan Algoritma Oleh Pemroses
Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer,
algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrogaman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.
Ciri penting Algoritma:
1.    Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas.
2.    Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).
3.    Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan.
4.    Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
5.    Algoritma harus efektif (setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar